Apakah Kaum Terurap MESIAS PALSU?

Kaum Terurap 144,000 Mesias Palsu
Kaum Terurap, Mesias Palsu?
SALAH SATU AJARAN yang unik dari Menara Pengawal adalah keyakinan pada sekelompok orang berjumlah 144.000 yang menamakan dirinya sebagai kaum terurap. Kaum terurap ini memiliki banyak sebutan, diantaranya adalah “kaum sisa, saudara rohani Yesus, Israel rohani, dan kawanan kecil

Lalu apakah peranan dan fungsinya kaum terurap ini bagi seorang Saksi Yehuwa? Sangat besar. Bahkan konsep kaum terurap merupakan salah satu inti dari ajaran Menara Pengawal. Seorang peminat yang tertarik untuk menjadi seorang Saksi Yehuwa tidak mungkin bisa dibaptis jika tidak meyakini akan adanya wewenang atau otoritas “kaum terurap” ini.

Beberapa fasilitas istimewa yang hanya dimiliki “kaum terurap” adalah:
  • Hanya kaum terurap boleh mengambil bagian dalam sebuah perjamuan kudus, sedangkan Saksi Yehuwa yang merupakan golongan “kawanan besar” tidak boleh. Dan kemungkinan besar Saksi Yehuwa yang Saudara jumpai adalah golongan ini.
  • Hanya “kaum terurap” disebut sebagai anak-anak Allah sehingga dengan demikian hanya mereka yang mendapatkan urapan Roh Kudus. Oleh sebab itu, hanya merekalah yang dapat mentafsirkan dan memahami isi Alkitab dengan tepat. Sedang 'kawanan besar' hanya menerima tafsiran dari mereka tanpa boleh mempertanyakannya karena mempertanyakannya dianggap sama dengan mempertanyakan otoritas Allah Yehuwa sendiri.
  • Setiap Saksi Yehuwa diminta keloyalitasnya kepada “kaum terurap”. Bahkan hidup keselamatan kekal dari Saksi Yehuwa sebagai kawanan besar bergantung kepadanya.
  • Kaum terurap akan memerintah bersama Kristus di dalam kerajaan 1000 tahun dan hidup di surga
Ini adalah sebagian pengetahuan tentang “kaum terurap”. Dan selama saya mempelajari doktrin Menara Pengawal, ternyata ada hal-hal lainnya yang unik akan kita pelajari tentang “kaum terurap” ini. Artikel ini akan membahasnya di bawah ini.

Menara Pengawal mengajarkan bahwa saat Kristus dibaptis terjadi 2 hal yaitu turunnya Roh Kudus atas-Nya dan saat itu pula Allah melahirkan Kristus sebagai seorang putra rohani. Dan pada hari Pentakosta ada pula orang-orang Kristen lainnya yang mendapatkan pengurapan Roh Kudus yang juga dianggap sebagai putra rohani Allah. Dan orang-orang Kristen lainnya ini disebut sebagai “kaum terurap”, saudara-saudara rohani Kristus. Dengan demikian diyakini, “kaum terurap” juga sebagai ahli waris bersama-sama Kristus (Roma 8:16-17).

”Sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh,” Yesus menjelaskan, ”ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah.” Jadi, ketika Yesus dibaptis dan roh suci turun ke atasnya, ia dilahirkan ”dari air dan Roh”. Bersama dengan pernyataan dari surga, ”Inilah Anak yang Kukasihi, kepadaNyalah Aku berkenan,” Allah memberi tahu bahwa Ia telah melahirkan seorang putra rohani yang mempunyai harapan untuk masuk ke dalam Kerajaan surga. Belakangan, pada hari Pentakosta 33 M., orang-orang lain yang dibaptis akan menerima roh suci dan dengan demikian juga akan dilahirkan kembali sebagai putra rohani Allah. (Tokoh Terbesar Sepanjang Masa, pasal 17.)
Perhatikan pula kalimat yang sengaja saya bold dan italic tersebut yaitu Kristus yang mempunyai harapan untuk masuk ke dalam Kerajaan surga. Entah apa maksudnya, tapi ini menarik dan saya kurang memahaminya, tetapi dengan mengatakan Kristus 'memiliki harapan' berarti Kristus hanya memiliki suatu kemungkinan untuk masuk ke dalam Kerajaan surga, tidak pasti.

Tetapi hal yang menarik tidak saja sampai di situ. Di dalam sebuah kutipan majalah Menara Pengawal yang membahas budak setia di zaman modern menyatakan bahwa kaum terurap sebagai “kaum sisa” dari benih wanita [Hawa] (Kej. 3:15).

Budak yang Setia di Zaman Modern

Kata-kata Yesus yang dicatat di Matius 24:45 dengan jelas menunjukkan bahwa masih akan ada golongan budak yang setia dan bijaksana yang tinggal di bumi pada zaman akhir. Penyingkapan 12:17 menyebut mereka [kaum terurap] sebagai ”kaum sisa” dari benih wanita. Sebagai kelompok, kaum sisa telah diangkat untuk mengurus semua harta milik Kristus di bumi. ”Harta milik” yang harus diurus oleh pengurus yang setia adalah berbagai kepentingan kerajaan milik sang Majikan di bumi, yang mencakup rakyat Kerajaan di bumi dan fasilitas fisik yang digunakan untuk memberitakan kabar baik.(15/6/2009 hlm. 22)
Dan pengajaran bahwa kaum terurap telah ditetapkan untuk meremukkan kepala setan diajarkan di dalam majalah Menara Pengawal 15/9/2008, hlm. 30

Bagaimana orang Kristen terurap telah ’dipilih sejak awal untuk diselamatkan’? Kaum terurap sebagai satu golongan telah ditetapkan sebelumnya pada waktu Yehuwa bermaksud agar benih wanita itu meremukkan kepala Setan. (Kej. 3:15) Yehuwa juga telah menetapkan persyaratan yang harus mereka penuhi, pekerjaan yang harus mereka lakukan, dan pengujian yang akan mereka alami. Jadi, dapat dikatakan bahwa mereka dipanggil untuk ’tujuan ini’.
Bahkan jika kita lihat majalah Menara Pengawal, 15/6/2012 hlm. 7-11 mengajarkan konsep tentang kaum terurap menjadi lebih jelas lagi, yaitu:

Tidak lama setelah pemberontakan di Eden, Yehuwa bernubuat bahwa seorang ”wanita” akan menghasilkan suatu ’benih’. (Baca Kejadian 3:15.) Benih itu pada akhirnya akan meremukkan kepala ular, yaitu Setan. Belakangan, Yehuwa menyingkapkan bahwa benih itu akan datang melalui garis keturunan Abraham, dari bangsa Israel, dari suku Yehuda, dan adalah keturunan Raja Daud. (Kej. 22:15-18; 49:10; Mz. 89:3, 4; Luk. 1:30-33) Kristus Yesus adalah bagian utama benih itu. (Gal. 3:16) Orang-orang Kristen terurap menjadi bagian sekunder benih itu. (Gal. 3:26-29) Kerajaan Allah, yang terdiri atas Yesus dan orang-orang terurap itu, adalah sarana Allah untuk menghancurkan Setan.—Luk. 12:32; Rm. 16:20.
Tentunya sebagai orang Kristen saya bertanya-tanya; apakah benar tafsiran Menara Pengawal bahwa kaum terurap yang berjumlah 144.000 orang ini juga menggenapi nubuatan yang dinyatakan Allah di Kej. 3:15 tentang “benih wanita” yang meremukkan kepala ular itu.

Dan aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan wanita itu dan antara benihmu dan benihnya. Ia akan meremukkan kepalamu dan engkau akan meremukkan tumitnya (TDB)
Mengapa saya mempertanyakan hal ini? Pertama, tidak ada satupun pernyataan Alkitab yang mengatakan secara eksplisit bahwa “kaum terurap” juga menunjuk kepada “benih wanita”. Tidak ada pengajaran Alkitab yang demikian. Doktrin Saksi Yehuwa ini hanyalah suatu tafsiran melampaui apa yang tertulis sebagai sebuah pembenaran agar “kaum terurap” dapat menjadi penyembahan berhala modern pada Saksi Yehuwa dan agar dapat beroleh ketaatan mutlak dari sebuah kelompok kultus (baca di sini). Oleh karena itu, dengan sengaja Menara Pengawal menafsirkan golongan kaum terurap dengan kedudukannya spesial agar dapat memanipulasi dan mengeksploitasi anggotanya dengan mudah untuk beroleh ketundukkan dan ketaatan mutlak untuk mengerjakan misi organisasi Saksi Yehuwa. Ini merupakan ciri-ciri dari sebuah organisasi kultus. Lihat juga artikel Saudara, Wakil, Mengikuti Yesus Dan Ketaatan Total untuk lebih detailnya tentang klaim-klaim golongan ini.

Kedua, dalam penafsiran mayoritas Kristen, nubuatan “benih wanita” tersebut biasanya menunjuk kepada pribadi Yesus Kristus. Misalnya saya ambil sebuah tafsiran Kristen yang membahas Kej. 3:15:


Dalam ayat ini tersirat janji Allah yang pertama mengenai rencana penebusan dunia. Janji tersebut menubuatkan kemenangan mutlak umat manusia dan Allah atas Iblis dan kejahatan melalui peperangan rohani di antara keturunan wanita (yaitu, Tuhan Yesus Kristus) melawan keturunan ular (yaitu, Iblis dan para pengikutnya; . . .Di sini Allah berjanji bahwa Kristus akan lahir dari seorang wanita (bd. Yes 7:14) dan akan "diremukkan" melalui penyaliban. Sekalipun demikian, Dia akan bangkit dari antara orang mati untuk membinasakan (yaitu "meremukkan") Iblis, dosa, dan kematian secara sempurna demi keselamatan umat manusia[*]
Dan dalam pemahaman situs Kristen lainnya yaitu sarapanpagi.org mengatakan bahwa “Yesus adalah satu-satunya yang disebut sebagai benih perempuan, keturunan wanita”. Jadi tidak ada istilah benih sekunder seperti yang ditafsirkan Menara Pengawal:

Yesus dilahirkan melalui anak dara Maria, bukan ciptaan. Ia datang dengan membawa hidup sorgawi ke dalam dunia dan Yesus adalah satu-satunya yang disebut sebagai benih perempuan, keturunan wanita. Yesus dilahirkan melalui anak dara Maria tanpa mewarisi dosa asal. Ia berasal dari Bapa yang suci, sehingga dalam nubuat yang disampaikan malaikat Gibrael, "The Holy One of God/Yang Suci dari Allah." Istilah ini sering dipakai khususnya dalam kitab Yesaya. Bukan dalam bentuk jamak, melainkan tunggal, hanya satu. Satu-satunya yang kudus dari Allah, yaitu Yesus Kristus, datang ke dalam dunia.**
Tahukah Saudara salah satu gelar Tuhan Yesus? Dalam bahasa Yunani adalah Kristus dan padanannya dalam bahasa Ibrani adalah Mesias yang artinya 'yang diurapi' sehingga jika seseorang mengatakan Yesus Kristus artinya Yesus Yang Diurapi. Dengan demikian, jika Menara Pengawal menyebut 'kaum terurap' apakah berarti kelompok ini juga adalah 'Yang Diurapi' atau sekompok orang yang mengaku sebagai Kristus-Kristus? Apakah sebuah kebetulan jika 'kaum terurap' disebut 'terurap' atau 'yang diurapi'? Apakah kebetulan jika Menara Pengawal mengajarkan keselamatan kekal seorang saksi Yehuwa bergantung kepada perlakuannya kepada kaum terurap? Apakah kebetulan jika Menara Pengawal mengajarkan bahwa seseorang harus bergabung dengan organisasi untuk memperoleh keselamatan. Dan apakah kebetulan jika kaum terurap juga adalah nabi palsu mengingat berulang kali telah bernubuat palsu atas nama Yehuwa dalam sejarahnya? Jujur jika direnungkan, terlalu banyak kebetulannya, bukan?

Saya jadi teringat kepada sebuah peringatan dari Yesus Kristus sendiri tentang Kristus-Kristus palsu yang akan bangkit. Perhatikan, Yesus menubuatkan Kristus-Kristus yaitu kata dalam bentuk majemuk.

Karena Kristus-Kristus palsu dan nabi-nabi palsu akan tampil dan akan memberikan tanda-tanda yang hebat dan keajaiban-keajaiban untuk menyesatkan, jika mungkin, bahkan orang-orang pilihan. (Mat. 24:24, TDB)
Jika kita kaji berdasarkan rekam jejak Menara Pengawal yang kerap kali bernubuat palsu atas nama Allah (bukti di sini), jelas organisasi Saksi Yehuwa memenuhi kriteria sebagai nabi palsu. Tetapi apakah juga Kaum Terurap adalah Kristus palsu yang dinubuatkan oleh Tuhan Yesus sendiri? Saya pribadi meyakinkannya demikian! Mengapa?

Doktrin pembagian golongan yaitu 144.000 orang akan hidup di surga dan sisa Saksi Yehuwa lainnya dijanjikan hidup di bumi diajarkan oleh presiden ke-dua Menara Pengawal yaitu Joseph Rutherford yang telah bernubuat palsu kebangkitan nabi-nabi Perjanjian Lama dan bumi berubah menjadi firdaus pada tahun 1925. Semua nubuatan tersebut terbukti palsu sehingga dengan demikian Rutherford dikategorikan sebagai nabi palsu. Pertanyaannya adalah apakah ajaran pembagian golongan ini juga merupakan suatu doktrin palsu mengingat ajaran lainnya yang diajarkan oleh Rutherford telah terbukti palsu? Apakah juga doktrin 
benih wanita' menunjuk kepada 'kaum terurap' juga adalah sesat mengingat dicetuskan berdasarkan pemikiran dari nabi palsu? Jadi, berlebihankah jika saya simpulkan bahwa Menara Pengawal tidak saja nabi palsu tetapi juga ada Kristus atau Mesias palsu? 

Marilah kita renungkan bersama dan berdoa, semoga kita tidak mengikuti nabi dan Kristus palsu seperti yang dinubuatkan oleh Tuhan Yesus sendiri. Amin


Bagaimana pendapat Saudara?

Soli Deo Gloria

Artikel terkait:
1. Menguji Kebenaran Kesaksian Organisasi Allah Berdasarkan Alkitab
2. SUMBER DOKTRIN SAKSI: YEHUWA ATAU SETAN?
3. Bukti Saksi Yehuwa Adalah Nabi Palsu
4. Apakah Tujuan Saksi Yehuwa Menginjil Dari Rumah Ke Rumah?


Karena Kristus-Kristus palsu dan nabi-nabi palsu akan tampil dan akan memberikan tanda-tanda yang hebat dan keajaiban-keajaiban untuk menyesatkan, jika mungkin, bahkan orang-orang pilihan. (Mat. 24:24, TDB)

[*] http://alkitab.sabda.org/commentary.php?book=1&chapter=3&verse=15
[**] http://www.sarapanpagi.org/yesus-keturunan-perempuan-vt57.html

revisi tanggal 09/02/2014

13 comments :

  1. Halo, selamat siang

    Maaf ya saya masih awam, mau tanya tanya, saya bingung tentang kaum terurap,

    Kaum terurap sebagai kaum sisa telah diangkat untuk mengurus semua harta milik Kristus di bumi. Hanya merekalah yang dapat mentafsirkan dan memahami isi Alkitab tanpa boleh mempertanyakannya karena mempertanyakannya dianggap sama dengan mempertanyakan otoritas Allah Yehuwa sendiri.

    Yang membuat saya bingung siapa yang mengangkat kaum terurapnya?

    Apa tandanya kalau kita ternyata diangkat sbg bagian dari kaum sisa, masih mungkinkah saya menjadi kaum terurap?

    Alkitab kan ada bilang 2 saksi baru cukup untuk mensahkan, kalau nanti saya diangkat tapi ketika saya seorang diri di kamar, sahkah pengangkatan saya jika tanpa saksi?

    Kalau saya nanti menjadi kaum terurap, apakah saya harus ke kantor pusat watch tower di amerika untuk menyumbang pemahaman saya ttg Alkitab, terus bagaimana cara membuat orang kantor pusat percaya kalau saya adalah bagian umat sisa? Dan bagaimana juga saya nanti percaya dengan kaum terurap lain yang sudah duluan ada disana, apakah sharing pengalaman sewaktu diangkat sudah dapat mensahkan pengangkatan?

    Karena saya mau dimana Yesus berada maka saya disitu juga, saya tidak mau jadi kawanan besar, karena hanya di bumi lagi.

    Bapak-bapak dan ibu-ibu yang ada disini bisa ada yang tolongin saya, tunjukkan ayatnya kalau cuma kaum terurap yang bisa memahami Alkitab, juga tolong tunjukkan ayatnya tentang proses pengangkatan saya nanti sebagai kaum terurap supaya saya cuma jangan GR doang.

    Terima kasih sebelumnya kalau nanti ada yang mau membantu saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Anonim

      Salam kasih Tuhan Yesus.

      Utk bbrp pertanyaan Sdr bisa ditemukan berikut ini:

      1. Siapa yang mengangkat kaum terurapnya? Klik di sini

      2. Alkitab kan ada bilang 2 saksi baru cukup untuk mensahkan, kalau nanti saya diangkat tapi ketika saya seorang diri di kamar, sahkah pengangkatan saya jika tanpa saksi? Klik di sini utk bahasannya.

      Sedangkan utk pertanyaan lainnya yaitu:

      1. Apa tandanya kalau kita ternyata diangkat sbg bagian dari kaum sisa, masih mungkinkah saya menjadi kaum terurap?

      2. Kalau saya nanti menjadi kaum terurap, apakah saya harus ke kantor pusat watch tower di amerika untuk menyumbang pemahaman saya ttg Alkitab, terus bagaimana cara membuat orang kantor pusat percaya kalau saya adalah bagian umat sisa? Dan bagaimana juga saya nanti percaya dengan kaum terurap lain yang sudah duluan ada disana, apakah sharing pengalaman sewaktu diangkat sudah dapat mensahkan pengangkatan?

      3. Bapak-bapak dan ibu-ibu yang ada disini bisa ada yang tolongin saya, tunjukkan ayatnya kalau cuma kaum terurap yang bisa memahami Alkitab, juga tolong tunjukkan ayatnya tentang proses pengangkatan saya nanti sebagai kaum terurap supaya saya cuma jangan GR doang.

      Maaf, saya tidak bisa menjawabnya karena saya bukan seorang Saksi Yehuwa. Tetapi Sdr sedang beruntung karena di blog ini ada 2 orang Saksi Yehuwa yaitu Sdr Kevin (NN) dan Maxi-Sam. Pastilah mereka yang berhak dan lebih tahu akan hal ini dibandingkan siapapun juga.

      Bisakah Sdr Maxi-Sama dan Kevin menjelaskan kepada Sdr Anonim pertanyaan-2 nya? yang begitu masuk akal

      Oh ya, satu hal, saya senang Sdr bersedia memberi komentar di blog ini. Namun lain kali ketika memberi komentar, bisakah Sdr memberikan nama Sdr sehingga pembaca blog ini mudah untuk mengidentifikasikan Sdr? Terima kasih

      Salam kasih Tuhan Yesus

      Delete
  2. Selamat malam

    Trimakasih Pak atas jawabannya, tapi saya belum mendapat jawaban yang pasti atas pertanyaan saya di dalam artikel yg Bapak anjurkan, jadi kalau boleh saya bertanya lagi (maap kalau cerewet)

    1.Kaum terurap hanya 144.000, apakah sekarang sudah tergenapi dan tidak mungkin saya menjadi bagian dari kaum terurap?
    Kalau belum genap 144.000, berarti saya masih ada kemungkinan menjadi bagian kaum terurap, karena jabatan ini bukan karier yg harus dicapai, tp menurut publikasi tsb diangkat langsung oleh Yesus, nah ini untuk antisipasi buat saya kelak apabila Yesus menginspeksi lagi dan mengangkat saya sebagai kaum terurap, tolong dijelaskan Pak, bagaimana cara Yesus menginspeksi kaum terurap di tahun 1918 dan bagaimana juga si tahun 1919 Yesus mengangkat kaum terurap ini, sehingga saya kelak akan tahu dan siap.

    2. Yang saya tangkap dari penjelasan Bapak di artikel yang Bapak berikan adalah bahwa kaum terurap ini tidak mempunyai saksi dan pengangkatannya hanya merupakan pengangkatan yang ditetapkan oleh menara pengawal? (maaf kalau saya salah), jadi Bapak mau mengatakan bahwa menara pengawal itu sederajat dengan Yesus? atau representasi Yesus? Maap Pak, terlalu naif, apa buktinya Pak,Karena menurut Mat.24: 45-47, Yesus yang mengangkat?

    Tolong Pak Kevin dan Pak Maxi bisa mencerahkan saya dengan petanyaan2 selanjutnya, karena susunan Kristen menjanjikan hidup kekal di sorga, saya tentu tidak mau dong turun harapan cuma dibumi, saya ingin jadi bagian kaum terurap supaya tetap ke sorga, terima kasih sebelumnya atas pencerahannya nanti.

    Oh iya Pak supaya mudah panggil saja saya I-1, terima kasih Pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Sdr I-1

      Saya tidak tahu sudah berapa banyak Sdr membaca artikel-2 yg saya tulis. Untuk menghindari kesalah-pahaman lebih lanjut, perlu kiranya Sdr tahu bahwa saya - penulis blog ini - bukanlah seorang Saksi Yehuwa. Sebaliknya, saya sedang membahas dan membongkar ajaran Menara Pengawal.

      Nah, saya mencoba menjawab pertanyaan Anda sesuai dgn pengetahuan saya. Sebagai berikut:

      Sdr tulis:

      Yang saya tangkap dari penjelasan Bapak di artikel yang Bapak berikan adalah bahwa kaum terurap ini tidak mempunyai saksi dan pengangkatannya hanya merupakan pengangkatan yang ditetapkan oleh menara pengawal? (maaf kalau saya salah)

      Benar sekali, tidak ada saksi satupun sehingga hanya merupakan klaim sepihak. Saya pernah menanyakan kepada seorang penatua, ya memang tidak ada jawabannya. Dan mungkin Sdr. Maxi & Kevin bisa menjelaskannya bagi Sdr.

      Sdr tulis:

      jadi Bapak mau mengatakan bahwa menara pengawal itu sederajat dengan Yesus? atau representasi Yesus? Maap Pak, terlalu naif, apa buktinya Pak,Karena menurut Mat.24: 45-47, Yesus yang mengangkat?

      Menara Pengawal mengklaim dirinya sebagai satu-satunya organisasi Allah di bumi, dengan demikian representasi dari Allah sendiri. Jika Sdr katakan, terlalu naif tidaklah keliru. Tetapi saya pribadi mengatakannya bahwa Menara Pengawal telah 'membual dan menipu para pengikutnya dengan klaim-klaim yang tidak dapat di check kebenarannya'. Ironisnya, setiap SSY yakin akan hal ini.

      Jadi untuk pertanyaan-2 lainnya seperti:

      Kaum terurap hanya 144.000, apakah sekarang sudah tergenapi dan tidak mungkin saya menjadi bagian dari kaum terurap?

      Kalau belum genap 144.000, berarti saya masih ada kemungkinan menjadi bagian kaum terurap, karena jabatan ini bukan karier yg harus dicapai, tp menurut publikasi tsb diangkat langsung oleh Yesus, nah ini untuk antisipasi buat saya kelak apabila Yesus menginspeksi lagi dan mengangkat saya sebagai kaum terurap, tolong dijelaskan Pak, bagaimana cara Yesus menginspeksi kaum terurap di tahun 1918 dan bagaimana juga si tahun 1919 Yesus mengangkat kaum terurap ini, sehingga saya kelak akan tahu dan siap.


      Saya persilahkan Sdr Kevin (NN) atau Maxi (saya duga beliau seorang penatua krn memiliki buku 'Pay Attention. . .' yang merupakan buku pedoman bagi seorang penatua)

      salam kasih Kristus

      Delete
  3. Ajaran 144.000 masuk surga bakal jadi blunder kedua setelah ramalan thn akhir dunia yg meleset.Rasul Yohanes menuliskan apa yg diwahyukan di pulau Patmos tanpa menafsirkan. Yg berani menafsirkan kitab wahyu tidak usah diacuhkan. Apalagi yg menafsirkan pribadi2 yg arogan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. SSY sudah melewati batas dengan mengajarkan kitab Wahyu. Malaikat yg diutus memperlihatkan akhir jaman kepada Yohanes berkata "Karena itu tuliskanlah apa yang telah kau lihat....dst". Yohanes menulis 3 segmen (Injil Yoh, Surat Yoh, & Why).Perhatikan konten & durasinya. Injil Yoh kontennya ajaran Yesus & peristiwa hidup bersama Yesus. Surat Yoh kontennya penegasan ajaran Yesus dgn durasi singkat. Kitab Wahyu kontennya penglihatan ttg akhir jaman & durasi singkat. Ajarkanlah Injil Yoh & Surat Yoh, tetapi cukup bacakanlah apa saja yg telah dilihat rasul Yoh di pulau Patmos. Jangan menambahkan ajaran kaum terurap dari penglihatan Yoh dgn versi SSY. Apa jadinya nanti ada kelompok lain dgn versi lain pula? Bukankah itu pesan Yoh di bagian penutup untuk tidak menambahkan/mengurangkan konten Wahyu? Siapakah yg merasa mampu menafsirkan kitab ini? Barangkali hanya Daniel dgn campurtangan roh Allah.

      Delete
    2. Halo mas Ano.

      Setuju. Di kalangan SSY, termasuk beberapa dari mereka yang disebut kaum terurap, ada yang mulai menyadari bahwa kita hendaknya tidak gegabah menafsir kitab Wahyu, apalagi mngklaim tafsirnya sebagai kebenaran. Sebab tafsir apapun atas kitab Wahyu pada dasarnya hanya asumsi, bukan kepastian.

      Truth Servant

      Delete
    3. Berapa banyak edisi & eksemplar majalah itu yg seolah-olah melebihi kitab Wahyu sendiri? Analisis 144000 beberapa langkah mendahului sang penulis. Yang menulis tidak menghendaki penambahan/pengurangan isi, hanya minta dibacakan & didengarkan bahwa nanti di akhir jaman apa yg ditulisnya tergenapi. Apakah menyadari saja sdh cukup? Rasul Yohanes sudah melihat isi surga, tapi majalah itu selangkah lebih tahu dari siapapun.

      Delete
    4. Halo Mas Truth S

      Saya perhatikan saudara beberapa kali mengatakan bahwa beberapa dari kaum terurap ada yang mulai menyadari kekeliruan bp LMP bahkan menulis durat ke bp LMP tp tidak ditanggapi, bahkan akhirnya bp LMP merubah aturan sehingga budak yang setia itu menjadi bukan semua kaum terurap tapi hamya yang duduk sbg bp LMP.
      Bolehkah saya tahu, apakah informasi yang saudara berikan bersumber dari sumber informasi yang valid atau mungkin dari publikasi LMP sendiri atau hayalan saudara belaka atau dari mana Mas..? Tolong berikan sumbernya mas,terima kasih.

      Hal ini saya pertanyakan karena terasa janggal kalau ada ssy sekalipun kaum terurap, masih tetap bisa menjadi ssy padahal dia banyak tidak setuju thd ajaran2 bp LMP.

      Atas jawabannya saya ucapkan terima kasih

      M

      Delete
    5. Halo mas M.

      Ya, bersumber dari informasi valid, tetapi pastinya bukan dari publikasi organisasi. Saya tidak berkhayal. Percaya atau tidak, tentu kembali kepada mas. Maafkan saya, saya belum bisa memberitahu sumbernya. Mengenai apakah sekarang mereka masih tergabung dengan organisasi, setahu saya beberapa masih. Tetapi yang lain tidak tahu. Yang pasti, saat mereka menulis surat terbuka ke Badan Pimpinan, mereka masih kaum terurap.

      Salam

      Truth Servant

      Delete
  4. Tahukah anda, para pembaca yg budiman kalau ssy menafsir Yoh Pembaptis tdk masuk surga? Tafsiran sesat ini ditempel dibagian belakang kitab TDB. Kalimat persisnya saya lupa, krn dulu saya fotocopy & hilang. Barangkali pak AWI ada waktu membahasnya.

    Itu artinya kaum terurap palsu dg Baptis-Kayang nya mengklaim lebih besar dr Yoh Pembaptis.

    AS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini kalimat tafsirnya:

      Bahkan Yohanes Pembaptis tidak masuk kerajaan surga. Mat11:11.

      Terdapat di dalam ks tdb hlm 2036, sub judul no16 Kehidupan. Topik B Kerajaan surgawi terbatas pada anggota2 tubuh kristus.sub topik baris ketiga.

      Jika itu sebuah topik diskusi seharusnya formula kalimatnya adl kalimat tanya, bukan kalimat kesimpulan.

      Mat11:11
      Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya diantara mereka yg dilahirkan oleh perempuan tidak pernah tampil seorang yg lebih besar dari pada Yohanes Pembaptis, namun yang terkecil dalam Kerajaan Sorga lebih besar dari padanya.

      Sebuah penafsiran yg sembrono:
      1 tidak dikaitkan dgn ayat sebelum & sesudahnya, dan keseluruhan alkitab.
      2 Dampaknya luar biasa. Bayangkan jika ada 1 orang saja yg percaya pd tafsir sesat akan mjd bibit kesesatan yg lebih besar.

      Bandingkan tafsiran berikut:
      Yohanes Pembaptis dipuji Yesus sbg manusia Unggul, imannya mendahului ke12 rasul & Paulus. Namun dg segala keunggulan yg dimilkinya, Yoh Pembaptis justru merendahkan dirinya mengambil posisi dibawah yg terkecil dalam Kerajaan Sorga. Yoh Pembaptis mencicipi penjara & disalahpahami orang2 yg menyerongkan kerajaan surga ( tmsk ssy ) tidak mencicipi masa ketika jumlah pengikut Yesus bertambah dg pesat seperti yg sempat dicicipi para rasul. Bahkan kepalanya dipenggal, dipertunjukan kpd Herodias & anak gadisnya.

      Yoh Pembaptis sangat layak masuk Sorga dgn ayat terakhir kalimat terakhir: Tetapi hikmat Allah dibenarkan oleh perbuatannya.

      Salam
      AS


      Delete
  5. Di surga tidak ada: kelaparan, penyakit, malam, bencana alam, peperangan, pemberontakan, dll.

    Jadi untuk apa diperintah sebanyak 144000 orang ???. Cukup diperintah pemilik surga saja.

    Rakyatnya hidup di firdaus baru, yg memerintah harusnya tinggal di firdaus baru juga dong. Itu baru masuk akal.

    Dengan sedikit logika saja doktrin ssy terlihat bohongnya. Begitu kok ngakunya sdh sesuai dg kitab wahyu. Dasar tukang bohong.

    Salam
    AS

    ReplyDelete

Tolong SEBUTKAN Nama Atau Initial Anda saat memberi komentar agar memudahkan Mitra diskusi Anda mengidentifikasikan Anda.

Non Kristiani, mohon tidak memberi komentar.

Jika Anda ingin komentar, silahkan klik DI SINI DULU

.